Sejarah Yoga

24 April 2015 

Siang yang mendung dan berangin ini cocok sekali dibuka dengan relaksasi di kelas Setyo Jojo. Instruktur yoga asal Bandung ini membahas tentang sejarah yoga dari awal ditemukannya hingga kini. Belum tentu semua praktisi maupun instruktur yoga mengetahui atau mendalami sejarah yoga. Perjalanan dunia yoga yang panjang terangkum hanya dalam 1,5 jam saja di dalam kelas Setyo.

Yoga telah banyak berevolusi dari masa ke masa. Diperkirakan yoga sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu dengan ditemukannya berbagai artefak dan benda seni. Ajaran filosofi yogi pertama kali adalah Patanjali yang dipengaruhi oleh Tantra yang menjadi buku panduan yoga pertama dan yang paling mendasar. Lalu, muncullah berbagai aliran, seperti Astanga yoga, Hatha yoga, Bikram yoga, Yin yoga, Acro yoga, dan sebagainya. Berbagai pose asana yang diciptakan awalnya hanya sedikit, semakin lama semakin bertambah hingga kini ada 8.400.000 pose yang akan dibukukan, asana dengan pose terbanyak di dunia, yang  akan diluncurkan pada akhir tahun ini. Tokoh-tokoh guru besar yoga seperti Shivapuri Baba, BKSIyengar, dan lain-lain, serta murid-murid dan penerusnya menyebarkan yoga dan merambah ke seluruh dunia hingga akhirnya masuk ke Indonesia tahun 1940-1957.

Keberagaman aliran yoga yang timbul seiring waktu tidak membuat yoga terpecah belah. Tidak ada istilah aliran ini benar atau salah maupun aliran itu baik atau buruk. Semua aliran bisa ditarik menjadi satu garis lurus dari satu sumber yang sama, yaitu berasal dari filosofi dan gagasan yang sama, begitu seloroh mas Yudhi Widdyantoro (pendiri Yoga Gembira) yang juga menghadiri kelassiang ini. Gaya asana-nya boleh jadi bermacam-macam tetapi filosofinya tetap satu. Analoginya aliran yoga itui barat ranting-ranting atau cabang-cabang baru yang tumbuh tapi berakar dari satu pohon yang sama.

Namaskar. (Rhani Pribadi)

Kelas Setyo Jojo

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *