Shanty Rochima : Pilih Yoga Daripada Asma

Asma dan gagal napas yang selama ini Shanty Rochima derita ternyata memiliki hikmah. Karena kedua gangguan kesehatan tersebut, perempuan yang tinggal di Depok ini kemudian berkenalan dengan Yoga.

“Saya mulai mengenal Yoga sejak 2014. Karena saya menderita asma dan gagal napas, dokter menyuruh saya olahraga. Memang saya jarang berolahraga,” kenang Shanty yang kini beryoga saban hari meski hanya peregangan ringan.

Setelah mencoba Yoga, ia merasakan napas lebih enak. “Tubuh terasa lebih segar dan postur juga lebih baik,” ucap penyuka piano, kegiatan merajut, dan membaca buku ini pada YogaGembira.com. Alerginya yang semula parah juga berangsur menghilang.

Shanty kemudian meneruskan latihannya dengan tujuan untuk bernapas lebih baik dan bahagia.

Kini melakoni profesi pengajar Yoga, Shanty menjelaskan bahwa sosok guru yang baik harus memiliki kesabaran. “Guru yang baik perlu bisa membuat muridnya paham gerakan-gerakan Yoga dengan benar, yang bisa menyatukan energi dengan muridnya,” ungkap penyuka kelas-kelas Rikka Nurita dan Maria Yosi ini.

Dalam berlatih, ia mengakui paling menikmati Hatha Yoga. Alasannya sebab ia bisa merasakan otot yang bekerja. “(Agar) saya bisa memberi waktu bagi tubuh ini untuk menyesuaikan dan membenarkan alignment pelan-pelan,” jelas Shanty yang akan membawakan kelas bertajuk ‘Simple Poses’ secara virtual di kanal Instagram Yoga Gembira. Ia memang menyukai asana-asana sederhana dan bergerak sesuai napas.

Saat berlatih asana, Shanty paling menyukai lizard pose sebab dirinya merasa nyaman di pose tersebut. Sementara itu, ia masih berjuang menekuni pose-pose inversi. “Saya kurang nyaman dengan semua asana jenis inversion karena saya memiliki masalah tulang belakang,” tuturnya. Efeknya setelah inversion ia selalu merasa kurang nyaman di tulang belakang.

Shanty mulai mengajar Yoga di daerah Depok, Jabar di awal tahun 2019. Saat pertama mengajar, ia gemetar. “Saya takut salah, deg-degan sampai rasanya mau lewati hari itu. Namun, begitu kelas berjalan lancar dan murid yang saya ajar berkomentar kelasnya enak, langsung hilang semua rasa cemas saya.”

Yoga memberikan perubahan bagi kehidupan Shanty. Tak hanya kesehatan yang membaik, ia juga menjalani kegiatan sehari-hari dengan penuh kesadaran. “Sehingga tidak mudah cedera, lebih sabar, lebih pasrah.” (*/ Akhlis)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *