Sufism Yoga and Heart Meditation (Pujiastuti Sindhu)

pujiastuti sindhu

Sekilas tentang Pujiastuti Sindhu (E-RYT200, RPYT, RCYT)
Adalah seorang ibu dari dua anak, praktisi yoga & meditasi selama hampir 20 tahun, praktisi tasawuf, pegiat sosial serta penulis. Ia adalah pendiri dan direktur Yoga Leaf Indonesia, salah satu pionir komunitas yoga di Indonesia sejak tahun 2002 yang telah mendapatkan sertifikasi RYS200 ( Registered Yoga School 200 hours ) dan RPYS ( Registered Prenatal Yoga School ) dari Yoga Alliance International. Ia telah menulis dua buah buku yoga: “Hidup Sehat dan Seimbang Dengan Yoga” (2006) dan “Best Seller & Yoga Untuk Kehamilan Sehat, Bahagia, Penuh Makna (2009 ) dan aktif menjadi pembicara dan pengajar di berbagai seminar dan pelatihan yoga.

Pujiastuti adalah pribadi yang passionate, intuitif, humoris, lembut namun juga tegas. Ia mengajar kelas Hatha – Yin yang bersifat gentle-but-firm, penuh kesadaran, membuka wawasan siswa lewat analogi-analogi sederhana dan praktik Yoga Nidra yang tematik.
Seiring perjalanan spiritualnya, pada tahun 2013 Pujiastuti mendirikan Taman Rumi, sebuah kelompok belajar tasawuf bagi para Sufi pemula. Sejak itu pula Pujiastuti mulai mengajarkan yoga dengan pendekatan Sufisme ( tasawuf ).

Official Website: www.yogaleaf.com
Facebook: Pujiastuti Sindhu
FB fanpage:Yoga Leaf – Be Leaf Community
Twitter: @pujiastutisindh @yogaleaf @tamanrumi

Tentang Sufisme

Sufisme menekankan pada praktik internal dalam Hati untuk mengikis ego kita, yang menjadi masalah utama untuk menjangkau kesadaran diri yang seutuhnya. Tujuannya ialah agar selalu mengingat Tuhan sebagai salah satu jalan merasakan kehadiran-Nya di manapun. Yoga Sufisme merupakan praktik yoga yang menitikberatkan pada disiplin pernapasan dan asana yang lembut dengan konsentrasi, kontemplasi dan aktivasi Hati (Qalbu) melalui Dzkir (mengingat Tuhan) dan Muraqabat (meditasi).

Meditasi Hati atau Heart Meditation adalah praktik meditasi Hati – Singgasana Ilahi dalam diri. Anda memulai Hati sebagai objek dalam meditasi, anda akan mendapati bahwasanya Hati lah subjek yang tengah bermeditasi.

 

=====

English

Sufism emphasizes its practice on internal exercises on Heart to thin out one’s ego, which is the main problem for us to reach self realization. The objective is to always remember God as a way to feel His presence anywhere.   Sufism Yoga is a combined practice that emphasize on breathing discipline and gentle asanas with concentration, contemplation and Qalb (Heart) activation through dzikir (remembering God), Muraqabat (meditation).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *