Sumiy Wang : Menemukan Makna Yoga Saat Berbagi dengan Sesama

Sumiy Wang pertama menjajal yoga saat masuk ke sebuah kelas yoga di tahun 2013. “Saat itu malah saya tidak merasa tertarik sama sekali. Barulah di tahun 2018 saya baru mulai menekuninya sampai sekarang,” ujar perempuan berkacamata ini jujur.

Sumiy yang terinspirasi oleh Welby dalam dunia yoga ini mengakui dirinya bahkan tidak tahu persis bagaimana ia bisa sampai di titik sekarang ini dalam perjalanan yoganya. “Karena saya tidak pernah merencanakan seperti ini. Seolah saya dituntun semesta,” tutur Sumiy yang memiliki kegemaran berjualan di kala senggang.

Begitu menekuni yoga dengan lebih intensif, Sumiy menemukan manfaat besar yoga. Salah satu manfaat tersebut ialah tingkat kesadaran diri yang makin meningkat.

Saat ini Sumiy menganggap tujuan utamanya dalam beryoga adalah untuk belajar mengenal dirinya sendiri dahulu. “Makin lama, saya menemukan bahwa yoga akan bermakna jika saya tidak menyimpannya sendiri tetapi dibagikan pada sesama juga,” ucap pengajar yoga yang sekarang rutin mengajar yoga secara jarak jauh sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta.

Ia sendiri terus belajar agar bisa menjadi sosok guru yoga yang baik. Menurutnya, seorang pengajar yoga idealnya tidak hanya berpuas diri menyandang titel guru atau instruktur yoga tetapi semestinya menguasai hal yang diajarkan dengan sungguh-sungguh. “Karena menurut saya hampir semua orang mungkin bisa mendapatkan titel guru yoga tetapi untuk dapat mengajar dengan baik, tidak semua orang bisa melakukannya,” tegas praktisi yoga yang rutin beryoga setiap hari tersebut.

Setelah memulai belajar soal yoga, Sumi juga mencoba menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. “Saya berupaya melakukannya, mempraktikkan nilai-nilai dan ajaran yoga dalam kehidupan nyata.”

Menengok pengalaman pertamanya saat mengajar yoga, Sumiy berkata bahwa perasaannya sangat campur aduk. “Saya merasa cemas dan tegang! Tapi akhirnya kelas pertama saya tersebut berakhir bahagia karena saya bisa berbagi pada orang lain,” ia mengenang.

Dengan gaya mengajar yang menurutnya lepas dan sesuai diri sendiri ini, Sumiy sendiri akan membawakan kelas bertajuk “Energizing Morning Yoga” secara daring (online) di akun Instagram Yoga Gembira. Jangan lewatkan kelasnya dengan mengakses Instagram Live di akun @yoga.gembira esok pagi pukul 8. (*/ Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *