Syifa Azizah: Menuju Ketenangan Jiwa, Raga, dan Pikiran

Pengajar yoga yang bernama lengkap Syifa Azizah ini memilih latihan yoga bagi Komunitas Taman Suropati dengan tema “Latihan Menuju Pose Backbend”.

Syifa yang tinggal di Tangerang Selatan ini menceritakan bagaimana ia bersentuhan dengan yoga pertama kali. “Pertama kali saya berlatih yoga di sebuah pusat kebugaran kemudian saya melanjutkan latihan ke sejumlah studio yoga di Jakarta dan area Serpong, Tangerang.”

Kemudian ia juga mulai merasakan manfaat dari latihan yoganya. “Saya mulai merasa lebih rileks, rilis dari ketegangan fisik yang saya alami,” ungkap Syifa yang pertama kali merasa gugup saat mengajar yoga di depan beberapa bidan yang ingin memperkenalkan yoga kepada ibu-ibu hamil yang mereka rawat.

Dan dari sana, ia makin menggandrungi yoga hingga hampir setiap hari ia pergi berlatih ke studio yoga dengan berbagai guru dan mengikuti beberapa workshop tentang yoga. Hingga kemudian ia bisa menyimpulkan bahwa guru yoga yang ideal ialah seorang guru yang mampu menunjukkan kerendahhatian, memberikan ritme yang pas dan cocok bagi muridnya saat memberikan instruksi, lengkap dalam memberikan meditasi, pranayama dan asana.

Ditanya soal tujuannya yang paling utama dalam beryoga, Syifa yang mengaku menyukai kelas-kelas Milanda Soenarto (Mimi) dan Bli Wayan Bagus ini menjawab singkat dan padat: “Ketenangan jiwa, raga, pikiran.”

Sebagai penyuka kelas-kelas Hatha Yoga, ia menyukai dengan alasan dapat lebih merasa berenergi saat melakukan Hatha Yoga yang berfokus pada napas. Sekarang Syifa mengaku dirinya beryoga seminggu sekali atau dua kali, tak sesering dahulu karena kesibukan. Berkat yoga, perempuan yang memiliki hobi berkebun, mendaki (hiking) dan melancong ini kini bisa lebih baik dalam menyeimbangkan diri dalam kehidupan sehari-hari.

Ditanya bagaimana gayanya dalam mengajar, Syifa yang tertarik dengan konsep Ashtanga (8 Tangga Yoga) dan Non-Dualitas dalam Yoga ini berkata,” Gaya mengajar saya lebih ke arah mengalir tetapi ada beberapa gerakan dengan penahanan berfokus di napas.”

Ingin tahu bagaimana kelasnya nanti? Ikuti latihan bersama Syifa di Komunitas Yoga Gembira, Taman Suropati, Menteng tanggal 27 Oktober 2019. (*/Akhlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *