Yoga dan Lingkungan Hidup (Chitra Priambodo)

chitraYoga bukan hanya tentang asana, secara keseluruhan, demikian kata Chitra Priambodo. Ia lebih suka mendefinisikannya sebagai integrasi manusia sebagai komponen alam semesta. Aspek lingkungan hidup seperti apa yang penunjang praktik yoga kita? Apakah kita sudah menyadari tindakan-tindakan kita yang mempengaruhi alam sekitar?

Mari kita melihat aspek yoga yang secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi alam semesta, dari hal-hal yang paling kecil, sederhana sampai yang besar.

 

Sekilas tentang Chitra Priambodo

Chitra memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang lingkungan hidup, khususnya di bidang perubahan iklim, terutama mengenai dampak penggunaan energi terbarukan dan effisiensi energi pada penurunan gas rumah kaca. Chitra telah bekerja-sama dengan perusahaan semen dan perusahaan energi (minyak dan gas) kelas dunia untuk membantu mereka mengembangkan rencana reduksi emisi rumah kaca, dan membuat pedoman dan prosedur untuk memonitor secara reguler emisi gas rumah kaca serta beban pencemaran udara lainnya.

Selain di Indonesia, Chitra juga berpengalaman untuk pekerjaan konsultasi di bidang energi dan perubahan iklin dan perubaha Iklim di Thailand, Vietnam, India, Malaysia dan Singapura. Alumnus FTUI jurusan mesin, Chitra menamatkan pendidikan lanjutannya di Thailand dan Perancis. Setelah menekuni yoga dan mengikuti berbagai workshop dan retreat sejak tahun 2007 sebagai pengimbang hidupnya, Chitra menimba ilmu dengan Maty Ezraty, dengan mengikuti 200-hour Teacher Training di Yoga Works, New York tahun 2014. Chitra saat ini sedang dalam proses mengembangkan studio yoga/healing “TransformLife” di Jakarta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *