YogFest 2015 Beri Penghargaan Kepada 2 Penggagas Yoga Di Indonesia

Yoga Festival (YogFest) 2015 memberikan penghargaan kepada dua orang yang telah menyebarkan yoga di Indonesia, yaitu Hudoyo Hupodiyo dan Yogamurti. Acara penyerahan Lifetime Achievement Award dilakukan pada hari kedua pagelaran YogFest 2015 di Taman Menteng, Sabtu (25/4).

Yudi Widdyantoro selaku pendiri Yoga Gembira, penggagas YogFest menjelaskan penghargaan seumur hidup untuk kali pertama diberikan.

“Yang istimewa dari tahun ini kami akan berikan lifetime achievement award kepada Hudaya Hupodiyo dan Yogamurti. Beliau sejak tahun ’50an sudah menulis buku yoga. Buku yoga pertama di luar India,” kata Yudi.

Baik Hudaya maupun Yogamurti, kata Yudi telah memberikan kontribusi besar dalam penyebaran yoga di Indonesia. Keduanya, lanjutnya, tidak hanya sebagai pendidik, namun juga telah memberikan inspirasi.

Hudoyo Hupodiyo merupakan pengagas meditasi mengenal diri. Adapun Yogamurti adalah perintis pengajar yoga di Indonesia. Ia adalah orang pertama yang membentuk sekolah yoga pertama bernama Murniandra Brotherhood pada tahun 1959. Yogamurti sudah menyebarkan pengetahuan tentang yoga di 80 kota dan desa di Indonesia. Ia pun masih aktif menulis tentang yoga di majalah yoga.

Yogamurti yang hadir dalam prosesi pemberian penghargaan memberikan pesan kepada para praktisi yoga.

“Saya mau pesan yoga tidak boleh dipertandingkan. Ini berbahaya. Kedua jangan dikomersialisasi,” ujar Yogamurti. (Rizky Amalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *